Sunday 19 April 2015

Contoh Surat Lamaran Kerja

Adapun Contoh surat lamaran pekerjaan dapat ditulis tangan atau diketik. Walaupun surat lamaran kerja di tulis tangan, tulisannya tersebut hendaknya jelas, mudah dibaca, dan rapi. Adakalanya suatu perusahaan atau instansi tertentu mensyaratkan secara khusus agar surat lamaran yang di kirimkan pelamar ditulis tangan atau diketik. Surat yang ditulis seperti itu akan memudahkan orang yang membacanya.

  • Tempat dan tanggal penulisan surat;
  • Perihal;
  • Alamat surat;
  • Salam pembuka;
  • Pembuka surat;
  • Tujuan surat lamaran pekerjaan
  • Identitas pelamar
  • Penutup surat
  • Tanda tangan dan nama jelas pelamar
Penulisan surat lamaran pekerjaan hendaknya mematuhi rambu-rambu berikut ini.
  1. Jika ditulis tangan, tulis lah sendiri di atas kertas bergaris menggunakan kertas berkualitas baik.
  2. Gunakan jarak 1 spasi jika diketik mengunakan kertas HVS .
  3. Tidak boleh ada bekas hapusan dalam surat. Dalam arti bersih bekas dari bekas tipex atau koreksian.
  4. Seorang pelamar kerja akan mampu bekerja dengan baik dan sifatnya optimistis
  5. Tidak disarankan menyapa dengan kata''Saudara''/''Anda''. yang disarankan dalam surat, yaitu''Ibu'' atau ''Bapak'', dan tidak
Selain itu, bahasa surat lamaran pekerjaan harus memenuhi aturan sebagai berikut.
  1. Gunakan bahasa yang simpatik dan sopan.
  2. Gunakan kalimat yang komunikatif dan efektif.
  3. Memakai bahasa yang baku serta ejaan yang pas dan tepat.
Surat lamaran pekerjaan dapat dibuat setelah calon pelamar mendapat informasi adanya lowongan pekerjaan di instansi atau perusahaan yang tepat. Baik melalui media audio visual atau media massa.  Informasi itu dapat diperoleh. Ada juga surat lamaran pekerjaan yang di buat atas inisiatif dari calon pelamar itu sendiri.



Perihal   : Lamaran pekerjaan
Jakarta,...Juli...
Yth. Pimpinan PT .........
Jalan ........ .... .... ..
Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan pengumuman yang dimuat pada harian umum -----, tanggal ---- Juli ----, dengan ini saya berminat untuk mengajukan diri menjadi staf bagian marketing di PT ---- yang Bapak/Ibu pimpin.

Data diri saya sebagai berikut.

Nama                                      :
Tempat, tanggal lahir              :
Pendidikan terakhir                :
Alamat                                    :

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :
  1. Daftar riwayat hidup satu lembar
  2. Fotokopi ijazah terakhir satu lembar
  3. Transkrip nilai satu lembar
  4. Fotokopi sertifikat pendidikan komputer dan bahasa Inggris tiga lembar
  5. Fotokopi KTP satu lembar
  6. Pasfoto ukuran 4x6 cm dua lembar
  7. Surat pengalaman kerja satu lembar
Demikian surat lamaran ini saya sampaikan dengan harapan dapat di terima sesuai dengan bidang kemampuan saya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Ttd.-----
-----------------



Contoh : Surat lamaran dan daftar riwayat hidup :


Hal : Lamaran pekerjaan
Jakarta,---April----
Yth. Pemasangan Iklan
PO Box 1267
Jakarta 22537

Dengan hormat,

Setelah membaca iklan perusahan Bapak/Ibu yang di muat di harian sore -------, --- April----, dengan ini saya mengajukan permohonan sebagai staf Akunting.

Adapun  mengenai keterangan diri saya sebagai berikut.
Nama                           :
Tempat/tanggal lahir   :
Alamat                        :
Pendidikan                  :
Pengalaman kerja       :
Hobi                            :
Referensi                     :

Selai in itu, saya dapat mengoprasikan komputer Microsoft Word, Excel, Access, dan mampu berbahasa inggris lisan dan tulisan.

Saya lampirkan beberapa syarat-syarat yang di perlukan.Untuk melengkapi surat lamaran ini.

Atas kebijakan Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya
Ttd----
---------------

Lampiran :
  1. Fotokopi ijazah Akademi Perbanas
  2. Fotokopi sertifikat kursus komputer
  3. Fotokopi sertifikat kursus Akademi bahasa inggris
  4. Surat pengalaman kerja
  5. Surat keterangan sehat
  6. Pasfoto 4x6 (2 Lembar)

Gimana contoh surat lamaran pekerjaan di atas cukup bermanfaatkan sebagai bahan pembelajaran dan rekomendasi dalam membuat surat. Dan saya tidak lupa ucapkan terima kasih karena anda telah berkunjung di blog artikel saya. Salam sukses buat anda.

No comments:

Post a Comment